LENTERA.CO.ID — Anggota Fatwa Dar al-Ifta Mesir, Syekh Dr Mahmud Syalaby memberi penjelasan tentang ciri Muslim yang masuk surga tanpa hisab dan siksa. Dia mengatakan, Muslim yang masuk golongan ini hanyalah mereka yang taat kepada Allah SWT.

Taat yang seperti apa? “Jika Allah SWT melimpahkah berkah, mereka bersyukur. Lalu jika Allah SWT menimpakan musibah dan sesuatu yang tidak disenangi manusia, mereka bersabar,” tutur dia seperti dilansir Elbalad, Rabu (13/7/2022).

Karena itu, dapat dikatakan bahwa orang yang masuk surga tanpa hisab dan siksa adalah mereka yang bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan AllahSWT, dan kedua, adalah orang yang bersabar atas ujian yang menderanya.

Bersabar yang tanpa batas dan tidak mengeluh atas apa yang dialaminya, sebagaimana yang pernah dicontohkan Nabi Yaqub alaihissalam. “Dia (Yakub) menjawab, “Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS Yusuf ayat 86)

Selain itu, golongan orang-orang yang masuk surga tanpa hisab juga adalah mereka yang bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT, para syuhada (mati syahid), orang yang banyak bersedekah, dan lainnya. “Dan tentu semua ini atas rahmat Allah SWT,” jelasnya.

Allah SWT berfirman, “Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.” (QS Maryam ayat 63)

Dalam ayat lainnya yang terdapat dalam surat Al Mu’minun ayat 10-11, Allah ﷻ juga berfirman, “Mereka itulah orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Mu’minun ayat 10-11)

Sumber: https://www.elbalad.news/5356561