- Advertisement -
Beranda DAERAH Bupati Elang Diminta Copot Jabatan Rivani

Bupati Elang Diminta Copot Jabatan Rivani

- Advertisement -

LENTERA NEWS — Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Halmahera Tengah Asrul Alting meminta kepada Bupati Edi Langkara (Elang) bersama Wakil Bupati Abdurahim Ode Yani (Rahim) agar segera ganti Rivani Abdul Rajak dari jabatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) lantaran tidak mempuh mempertanggungjawabkan kekeliruan dalam keputusan menggugurkan 21 Cakades Halteng.

Kasus menggugurkan 21 orang cakades degan dasar nilai scraining adalah keputusan yang gelap gulita alias hukum rimbah karena dala UU tidak pasal mengisyaratkan ada hak diskresi panitia atau siapapun.

“Semua syarat pencalonan cakades diatur terang benderang dalam UU No 6 Thn 2014 yang diderivasi pada Perda Halteng nomor 3 Tahun 2019,” tutur Asrul.

Meski begitu, lanjut dia, setiap instansi diwajibkan bertanggung jawab atas keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan. Sebab sikap yang demikian itu cermin instansi yang menjaga wibawa pemerintah dengan baik, terutama atasanya seperti Bupati, Wakil Bupati dan Sekda.

Polemik Pilkades di Kabupaten Halmahera Tengah, kata Asrul, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang dipimpin Rivani Abdul Rajak dan menangani hal teknis suksesi tersebut, seolah tak mampuh bertanggung jawab atas keputusan digugurkan beberapa Calon Kepala Desa (Cakades) kemarin dihadapan publik. Padahal, selaku kepala Dinas dibawa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Elang-Rahim, seharusnya mampuh menjelaskan sejumlah masalah seputar Pilkades sebab berkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang ia emban. Bukan sebaliknya melempar tugas, kewenangan dan tanggung jawab itu kepada Sekda bahkan bisa jadi ke Bupati dan Wakil Bupati.

“Sementara dia (Kadis Rivani) juga tahu asal usul keputusan itu sehingga sangat berwenang memberi klarifikasu ke publik,” katanya.

Anggota DPRD tiga periode ini menilai Kadis Rivani tidak bisa dipertahankan karena sikapnya membuat publik menuduh Bupati Elang sebagai aktor utama dibalik kekeliruan yang dibuat Kadis Rivani hingga tak bisa menjawab pertanyaan publik.

Tak hanya itu, yang bersangkutan juga dua kali diundang wakil rakyat untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) pun tak hadur juga. “Ini jelas merusak wibawa pemerintah daerah,” tegasnya.

“Olehnya, saya meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk mencopot Rivani dari jabatannya,” pintanya.

Artikel Bupati Elang Diminta Copot Jabatan Rivani pertama kali tampil pada Lentera.co.id.

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -